Senin, 29 September 2008

Seputar Kolesterol dan Komplikasinya ( Kolesterol Bagian 1)


Kolesterol membantu tubuh kita untuk membangun sel baru, pembentukan saraf dan produksi hormone. Hati membuat seluruh kolesterol yangdiperlukan oleh tubuh. Tetapi kolesterol juga masuk ke dalam tubuh kita melalui makanan seperti makanan hewani, misalkan susu, telur dan daging. Terlalu banyk kolesterol dalam darah dapat mengakibatkan penyakit jantung koroner.

Kadar kolesterol yang tinggi dalam darah dalam waktu yang lama dapat menimbulkan bahaya aterosklerosis yaitu kekuatan dam penyempitan pembuluh darah yang pada akhirnya meningkatkan resiko serangan jantung dan stroke.

Yang dimaksudkan dengan kolesterol yang tinggi bukanlah kolesterol yang berada di dalam makanan kita tetapi kadarnya di dalam darah kita.

Proses aterosklerosis dapat terjadi di usia muda. Proses ini berlangsunbg secara perlahan-lahan dan bukan dalam sekejab saja. Seiring dengan berjalannya waktu, plak ini akan membesar dan menjadi ancaman terhadap terjadinya serangan jantung dan stroke.

Hubungan antara kolesterol yang tinggi dan iritasi pada pembuluh darah dapat dijelaskan dengan salah satu teori. Asam lemak bebas yang dibawa oleh LDL dalam perjalanannya mengalami oksidasi dan mengiritasi pembuluh darah. Semakin tinggi kadar LDL, maka semakin banyak pembuluh darah yang teriritasi.

Proses aterosklerosis dimulai saat sel darah putih berjalan disepanjang dinding pelbuluh darah arteri. Sel ini berubah menajdi sel busa yang mengakumulasi lemak dan kolesterol. Bahan lain seperti kalsium juga terakumulasi di sini dan akhirnya membentuk plak aterosklerotil. Plak ini menebal dan membuat dinding pembuluh darah arteri menajdi kaku dan menghambat laju aliran darah. Ketika atroma ini pecah dapat menyebabkan bekuan darah yang dapat menyebabkan serangan jantung dan stroke.

Bila LDL adalah kolesterol yang jelek, maka HDL adalah kolesterol yang baik, membantu pembuluh darah, selain mengurangi peradangan pada pembuluh darah yang rusak, HDL memblok oksidasi LDL. Semakin tinggi tingkat HDL, mengurangi resiko serangan jantung dan penyakit kardiovaskular.

Penyebab kolesterol:
1. Genetic
2. Kelebihan berat badan
3. Kurang gerak
4. Makan makanan yang banyak mengandung lemak jenuh dan kolesterol

Faktor-faktor yang menyebabkan tingginya resiko aterosklerosis antara lain:
1. Tingginya kadar LDL kolesterol dalam darah
2. Tekanan darah yang tinggi (hipertensi)
3. Diabetes
4. Kegemukan
5. Kurang gerak
6. Merokok
7. Usia lanjutriwayat aterosklerosis dini dalam keluarga
8. Laki-laki