Jumat, 26 September 2008

Perawatan Kulit Wajah Tipe Kulit Berminyak

Penampilan keseluruhan seseorang akan menarik karena keadaan kulit yang sehat, segar dan bersih. Kulit yang sehat, lembut, halus dan cerah merupakan idaman setiap manusia. Kulit wajah yang sehat, iperlukan untuk penampilan yang lebih prima. Untuk menjaga kulit wajah senantiasa sehat, maka diperlukan perawatan.

Dalam perawatan kulit wajah, perlu diperhatikan tipe kulit wajah seseorang. Pada umumnya kulit dibedakan menjadi 4, yaitu kulit normal, kulit berminyak, kulit kering dan kulit kombinasi.

Kulit berminyak remaja:
1. Kelenjar minyak berlebihan, sehingga kulit tampak mengkilat, terutama pada dahi, hidung dan dagu.
2. Kadang-kadang terdapat kerut-kerut sekitar mata
3. Adanya bintik-bintik hidatm dan putih
4. Pori-pori yang lebar
5. Teraba tebal bila diraba
6. Pada usia di bawah 25 tahun sering timbul jerawat

Kulit berminyak diatas 35 tahun:
1. Kurang berminyak karena aktivitas kelenjar minyak menurun
2. Kulit agak mongering
3. Kerut disekitar mata dan bibir jelas
4. Bintik-bintik hitam, putih dan bintil-bintil coklat hitam
5. Pori-pori terbuka
6. Berlipat kasar
7. Terasa tebal jika diraba
8. Banyak bekas jerawat

Fungsi minyak/sebum pada kulit adalah untuk menjaga kelembaban kulit dan pelindung kulit. Namun demikian pada kulit yang berminyak terlalu berlebihan dapat lekas kotor karena banyak debu menjadi mudah menempel, dan memudahkan terjadinya jerawat. Dan apabila timbul jerawat, umumnya lebih parah. Produksi minyak pada kulit ini dipengaruhi oleh beberapa hal, yaitu : faktor hormon, faktor lingkungan yang selalu panas dan lembab, faktor keturunan, stress, makanan berlemak, kegemukan, dll.

Perawatan kulit berminyak pada remaja dan dewasa muda :
Dianjurkan untuk menggunakan pembersih beberapa kali sehari, dengan air hangat, dan pembersih kotoran dengan bahan dasar air, seperti sabun, cleansing lotion, cleansing milk, dll
Sabun yang digunakan jangan mengandung pelembab, minyak
Perlu dilakukan penipisan dengan serbuk penggosak/peeling untuk menghilangkan lapisan kotoran berminyak bersama sel-sel kulit yang mati atau terlepas dari permukaan.
Hindari pemakaian kosmetk berlemak misalnya pemakaian berbagai jenis krim seperti pelembab, foundation krim, pomade dll.

Dr. Hiendarto, Sp KK
KLINIK MEDITAMA