Jumat, 26 September 2008

Jerawat Punggung dan Badan

Jerawat atau acne vulgaris merupakan masalah yang sering dihhadapi para remaja, pada pria maupun pada wanita. Seseorang yang terkena jerawat dapat merasa malu, kurang percaya diri karena penampilannya, bahkan depresi. Jerawat umumnya mengenai wajah dan leher, namun dapat juga mengenai punggung dan badan.

Jerawat terjadi akibat sumbatan kelenjar minyak pada kulit oleh keratin/lapisan tanduk pada kulit yang mengelupas. Akibat sumbatan ini, akan menimbulkan berbagai macam bentuk jerawat seperti komedo hitam, komedo putih, plenting kemerahan, bisul hingga komplikasinya berupa bercak hitam bekas jerawat, cekungan, jaringan parut, ataupun keloid.

Pada seorang dengan jerawat dapat dijumpai adanya peningkatan produksi minyak/sebum pada kelenjar minyak kulit, keratinisasi/pertumbuhan lapisan kulit tanduk yang abnormal, peningkatan bakteri penyebab jerawat (propioni bacterium acnes), dan peradangan kulit.

Terdapat beberapa factor yang dapat menyebabkan terjadinya jerawat pada seseorang, doantaranya adalah:
1. Factor genetika/keturunan
2. Endokrin/hormonal
3. Obat-obatan
4. Stress fisik/psikis, bantak bergadang malam hari
5. Makanan berlemak/minyak jenuh, makanan yang pedas atau panas
6. Musiman. Pada musim pancaroba/pergantian cuaca, sering kali banyak debu dan kondisi air yang kurang baik. Hal ini dapat berpengaruh terhadapa kebersihan kulit.
7. Pemakaian kosmetik yang kurang tepat juga dapat mencetuskan timbulnya jerawat.

Pencegahan antara lain meliputi: manjaga kebersihan kulit, menggunakan kosmetika yang sesuai, mengurangi makanan berlemak, menghindari stress fisik.psikis, menghentikan obat-obat yang menyebabkan jerawat.

Dr. Hiendarto, Sp KK

KLINIK MEDITAMA