Selasa, 17 Juni 2008

Meratakan Kulit Wajah yang Lubang-Lubang karena Bekas Jerawat

Kulit wajah yang mulus dan rata merupakan dambaan setiap insan, terutama pada wanita. Namun demikian adakalanya pada kulit wajah dijumpai adanya lubang-lubang atau cekungan-cekungan, sehingga kulit menjadi tidak mulus dan tidak rata lagi. Permukaan wajah yang tidak rata ini, dapat mengganggu penampilan seseorang. Banyak cekungan pada kulit wajah, selain menyebabkan wajah menjadi kurang menarik juga dapat menurunkan rasa percaya diri seseorang.

Terdapat banyak penyebab yang dapat menimbulkan lubang-lubang atau cekungan-cekungan pada kulit. Penyebab tersering timbulnya cekungan pada kulit wajah adalah cekungan akibat bekas jerawat. Cekungan bekas jerawat umumnya terjadi karena penderita jerawat memencet-mencet atau bahkan meng-kuwik-kuwiki jerawat sendiri. Pemencetan atau peng-kuwikan jerawat ini, selain dapat menyebabkan infeksi pada kulit, juga dapat meninggalkan bekas luka pada kulit yang apabila telah menyembuh dapat meninggalkan jaringan parut berupa cekungan atau lubang pada kulit.

Terdapat 3 tipe cekungan atau lubang pada kulit akibat jaringan parut bekas jerawat:
1. Tipe Boxar yaitu tipe lubang yang dalam dan dasarnya datar.
2. Tipe Roling yaitu tipe cekungan yang dangkal atau landai.
3. Tipe Ice Pick yaitu tipe lubang yang kecil, dalam dan runcing. Tipe ini perlu diwaspadai karena lubangnya dapat menembus beberapa lapisan kulit.

Pencegahan utama agar tidak terjadi cekungan oleh jaringan parut bekas jerawat, adalah dengan jalan:
1. Menghindari pemencetan atau peng-kuwikan sendiri pada jerawat
2. Pengobatan jerawat secepatnya, terutama pada jerawat yang bernanah ( terinfeksi )
3. Cucilah tangan dan jari-jari anda sebelum menyentuh jerawat tersebut, berhati-hatilah jari-jari anda bisa membawa kuman atau bakteri lain yang bisa memperparah jerawat
4. Gunakan pembersih wajah yang sesuai dengan jenis kulit anda, gunakan sesuai dengan aturan pakai dan sesuaikan dengan tujuan penggunaannya (kalau untuk tujuan refresing sesuaikan saja dengan aturan pakai. Tetapi kalau untuk membersihkan wajah gunakan seperlunya saja / jangan terlalu sering, karena pembersih wajah dapat mengikis / menipiskan lapisan kulit )

Untuk mengatasi bila telah terjadi cekungan-cekungan atau lubang-lubang pada kulit karena bekas jerawat adalah dengan jalan berobat ke dokter kulit. Pengobatan atau perawatan yang diberikan bertujuan untuk mengurangi kedalaman lubang atau cekungan bekas jerawat dan meratakan permukaan kulit yang cekung dengan permukaan kulit disekitarnya. Pengobatan dan perawatan tersebut antara lain dengan jalan: operasi kecil pada lubang bekas jerawat tersebut, chemical peeling, mikrodeemabrasi dan pemberian obat-obatan krim untuk memperbaiki pertumbuhan kulit.

Oleh:
Dr. Hiendarto, Sp KK
Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin
KLINIK MEDITAMA

Tidak ada komentar: