Minggu, 29 Juni 2008

Tumor Kulit

Kelainan tumor kulit sering kali timbul tidak disadari penderitanya. Kelainan tumor kulit dapat terjadi pada hampir semua usia. Kejadian tumor kulit semakin meningkat dengan bertambahnya usia. Tumor kulit umumnya timbul pada kulit yang sebelumnya sudah terdapat kelainan kulit, namun dapat juga timbul pada kulit yang sehat.

Penyebab tumor kulit melibatkan banyak hal. Beberapa hal tersebut disebut faktor predisposisi, antara lain meliputi: radiasi sinar ultraviolet (UVB), radiasi sinar X, bahan kimia karsinogenik (arsen, cobalt, jelaga, coal tar), virus (HPV, HSV), kelainan genetik (sindrom Gorlin, Xeroderma pigmentosum), turunnya imunitas, dll ( luka kronis, jaringan parut, luka bakar, dsb).

Secara garis besar, tumor kulit dibagi menjadi tiga, yaitu: tumor jinak kulit, tumor ganas kulit/kanker kulit, dan kelainan kulit prakanker tumor jinak kulit merupakan pertumbuhan jaringan abnormal pada kulit yang dapat meskipun tidak membahayakan jiwa penderitanya, kelainan ini dapat memperburuk penampilan penderitanya. Sedangkan Tumor ganas kulit merupakan tumor yang bersifat ganas dan dapat membahayakan jiwa penderitanya. Kelainan kulit prakanker merupakan kelainan pada kulit tanpa tanda ganas, namun dalam perkembangannya dapat menjadi keganasan pada kulit / kanker.

Tumor jinak kulit antara lain: keratosis seboroik, keratosis solaris, milium, dan moluskum kontagiosum. Tumar ganas kulit antara lain tumor ganas dari: epitel (KSB, KSS, Ca kelenjar keringat, Ca kelenjar ekrin), melanosit (MM), jaringan lunak (fibrosarkoma, liposarkoma), saraf tepi (schwanoma maligna), limfoid (mikosis fungoides), pembuluh darah (sarkoma kaposi), limfe (limfosarkoma). Sedangkan kelainan kulit prakanker meliputi kelainan prakanker obligat dan fakultatif.

Pencegahan tumor kulit, antara lain dengan menghindari faktor predisposisi terhadap tumor kulit tersebut. Pengobatan sedini mungkin terhadap kelainan tumor kulit emberikan hasil yang lebih baik dibanding pengobatan tumor kulit yang sudah lama. Pengobatan yang dilakukan terhadap tumor kulit adalah sesuai dengan jenis tumor kulit tersebut dan stadium klinisnya. Pengobatan antara lain dengan bedah kulit, elektrokauter, ekspresi, obat suntik, obat minum atau salep.

Dr. Hiendarto, Sp KK
Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin
KLINIK MEDITAMA