Minggu, 29 Juni 2008

Peeling

Peeling adalah suatu metode perawatan kulit yang bertujuan untuk meremajakan kulit dengan jalan mengelupas bagian atas kulit (kulit ari) yang telah mati. Perawatan kulit dengan metode peeling ini, meskipun dilakukan pengelupasan kulit bagian atas yang telah mati tidak akan mengakibatkan kulit menjadi tipis, karena larutan yang digunakan dalam peeling ini juga dapat menstimulasi pertumbuhan kulit.

Manfaat perawatan kulit dengan metode peeling ini, disamping dapat untuk meremajakan kulit, juga berguna untuk : mengurangi / menghilangkan keriput pada kulit, mengencangkan kulit (kulit menjadi lebih kencang/tidak kendur dan lebih kenyal), mengurangi/menghilangkan flek (bercak) kehitaman pada kulit (seperti misalnya pada melasma, spruteng, flek bekas jerawat, dll), memutihkan / mencerahkan kulit.

Cara/Metode perawatan kulit dengan peeling umumnya dilakukan oleh dokter spesialis kulit. Terdapat berbagai teknik peeling yang aplikasinya disesuaikan dengan kondisi klinis kulit pasien. Secara umum teknik peeling dikerjakan dengan pengolesan larutan peeling pada kulit, yang dilanjutkan dengan pemberian krim nutrisi untuk kulit.

Kapan dilakukan peeling umumnya dapat dimulai sejak usia remaja. Terutama dilakukan pada usia dewasa muda, karena pada usia ini dapat mulai timbul berbagai gejala penuaan dini. Peeling seyogyanya dilakukan setiap sebulan sekali (atau setiap 4-6 minggu). Peeling yang kurang atau lebih dari waktu tersebut hasilnya menjadi kurang optimal.

Perawatan setelah peeling umumnya dilakukan dengan jalan pemberian krim nutrisi tiap malam selama tiga hari. Setelah krim nutrisi berhenti perawatan kulit dilanjutkan dengan pemakaian krim malam. Selama perawatan kulit, tiap hari dianjurkan memakai krim pagi.

Apakah yang perlu diperhatikan pada perawatan kulit dengan peeling? Pada perawatan dengan peeling, sebaiknya tiga hari sebelum dilakukan peeling menghentikan pemakaian krim malam. Namun pemakaian krim pagi tetap dilakukan seperti biasanya. Setelah peeling apabila terjadi keluhan (iritasi, kemerahan, flek bertambah, kulit mengelupas terlalu banyak) secepatnya hubungi dokter kulit, agar dapat dilakukan penanganan dengan tepat.

Dr. Hiendarto, Sp KK
Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin
KLINIK MEDITAMA