Minggu, 15 Juni 2008

Terapi Batu Ginjal Tanpa Pembedahan

Extracorporeal Shock Wave Lithotripsi

Saat ini di Indonesia masih banyak yang belum mengenal Extracorporeal Shock Wave Lithotripsy (ESWL), sebagai salah satu terapi penyembuhan penyakit batu ginjal. ESWL sebenarnya sudah bukan merupakan barang asing dalam dunia kedokteran khususnya bagi para urologis. Sejak diperkenalkan penggunaannya di awal tahun 1980-an, ESWL semakin populer dan menjadi pilihan pertama dalam kasus umum penanganan penyakit batu ginjal.
ESWL merupakan terapi non-invasif, karena tidak memerlukan pembedahan atau memasukkan alat kedalam tubuh pasien. Sesuai dengan namanya, Extracorporeal berarti di luar tubuh, sedangkan Lithotripsy berarti penghancuran batu, secara harfiah ESWL memiliki arti penghancuran batu (ginjal) dengan menggunakan gelombang kejut (shock wave) yang ditransmisi dari luar tubuh.

Dari hasil observasi pada proses ESWL, ditemukan bahwa pada awalnya batu ginjal yang ditembak dengan shock waves pecah menjadi dua atau beberapa fragment besar [2]. Selanjutnya dengan bertambahnya jumlah tembakan, fragment tersebut pecah kembali dan hancur. Umumnya diperlukan sekitar 1000 sampai 5000 tembakan sampai serpihan-serpihan batu ginjal tersebut cukup kecil untuk dapat dikeluarkan dengan proses urinasi.
Pada pelaksanaan ESWL, pasien dibaringkan di atas tempat tidur khusus dimana generator shock wave telah terpasang di bagian bawahnya. Sebelum proses penembakan dimulai, dilakukan pendeteksian lokasi batu ginjal menggunakan imaging probe (dengan ultrasound atau fluoroscopy), agar shock wave yang ditembakan tepat mengenai sasaran.
Klinik MEDITAMA merupakan satu satunya klinik di Jawa Tengah yang memiliki fasilitas ini.
Beberapa keuntungan menggunakan EWSL antara lain :
· Tanpa pembiusan
· Waktu yang relatif cepat (± 60 menit)
· Biaya yang terjangkau
· Tanpa Rawat Inap
Dapat
· Mesin ESWL di melanjutkan aktifitas
· Keunggulan:klinik Meditama dibuat oleh perusahaan Dornier, yang merupakan perusahaan perintis yang memproduksi ESWL sejak tahun 1980.
· Mesin ESWL di klinik Meeditama merupakan “ Office Lithotriptor” dimana mesin ini tidak membutuhkan ruangan yang besar, namun mempunyai kekuatan dan kemampuan yang sama dengan mesin ESWL yang lebih besar.
Bila anda memiliki gangguan ginjal, konsultasikan dengan dokter anda dan dapatkan informasi yang lebih lengkap tentang terapi ini.
KLINIK MEDITAMA

Tidak ada komentar: