Minggu, 28 September 2008

Cacar Air dan Dompo ( Cacar Ular)

Penampilan seseorang ditunjang dengan keadaan kulit yang sehat.
Penyakit kulit dapat mengakibatkan gangguan pada penampilan seseorang.
Pada musim pancaroba ini, penyakit kulit yang sering dijumpai adalah berbagai penyakit kulit karena virus dan cacar ular dapat mengenai semua umur (anak/dewasa), pada pria dan wanita.

Penyakit cacar air dan cacar ulat dapt mengenai berbagai bagian tubuh, seperti pada wajah, leher, dada, punggung dll

Penyakit cacar air umumnya tersebar mengenai seluruj tubuh, sedangkan penyakit cacar ular (dompo) biasanya mengenai salah satu sisi (kiri/kanan) tubuh.
Penyakit tersebut sering meninggalkan bekas pada kulit setelah penyakit mereda/sembuh secara klinis (merupakan masalah kosmetik/penampilan)

Bekas penyakit cacar ini, diantaranya dapat berupa: bercak kecoklatan, bopeng/koreng, cekungan-cekungan pada kulit, keloid (kulid yang menonjol keras) dan luka infeksi.
Penyakit cacar ini mudah menular, untuk mencegah supaya penderita cacar, dan menjaga stamina tubuh (makanan bergizi & olah raga yang cukup)
Bagi penderita cacar, sebaiknya beristirahat yang cukup dan segera berobat sedini mungkin ke dokter spesialis kulit dan kelamin (mempercepat penyembuhan, bekas cacar dapat minimal)

Sedangkan untuk bekas cacar yang sudah terjadi, dapat dilakukan perbaikan terhadap bekas cacar. Diantaranya dengan pengobatan terhadap flek/bercak kecoklatan, revisi skar atropik (perbaikan bekas cekungan karena cacar), tetapi keloid (untuk mengatasi benjolan kulit karena cacar) dan perawatan luka.

Dr. Hiendarto, Sp KK
KLINIK MEDITAMA